Setelah melakukan integrasi produk, maka ketika ada order masuk ke Shopee data order tersebut akan otomatis tersimpan di SmartSeller. Dan selanjutnya status orderan akan terupdate otomatis.

Anda tidak bisa mengedit order dalam status apapun. Anda hanya bisa memasukkan nomor resi dan membatalkan order tapi dalam kondisi tertentu seperti penjelasan di bawah ini.

Berikut status orderan di Shopee dan SmartSeller:

Status Order di Shopee dan SmartSeller
  1. Status order di Shopee adalah UNPAID/Belum Bayar.
    Data orderan Shopee akan otomatis tersimpan di SmartSeller dengan status Menunggu Pembayaran. Dalam status ini Anda tidak bisa mengedit order, mengupdate pembayaran, dan membatalkan order.
Status Unpaid/Belum Bayar


2. Perubahan status dari UNPAID/Belum Bayar ke READY_TO_SHIP/Siap dikirim.
Pada status ini, status orderan Shopee di SmartSeller akan otomatis terupdate menjadi Order Diproses. Jika kurir yang dipilih oleh customer merupakan resi otomatis (seperti J&T), maka Anda tidak dapat menginput resi secara manual. Tetapi jika kurir yang dipilih bukan resi otomatis, maka Anda dapat menginput resi baik dari SmartSeller maupun dari Shopee.

Status Ready_to_Ship/Siap Dikirim

Jika Anda menginput resi di SmartSeller, maka akan otomatis mengupdate resi di Shopee, dan sebaliknya. Di status ini Anda juga dapat membatalkan orderan Shopee dari SmartSeller dan orderan di Shopee juga akan otomatis dibatalkan. Ketika ada proses pembatalan, maka stok produk di Shopee maupun di SmartSeller akan menyesuaikan.

3. Perubahan status dari READY_TO_SHIP/Siap dikirim ke SHIPPED/Dikirim.
Pada status ini, data orderan Shopee di SmartSeller akan otomatis terupdate menjadi Paket dalam proses pengiriman. Pada status ini Anda tidak bisa membatalkan order baik dari Shopee maupun dari SmartSeller.

Status Shipped/Dikirim

4. Perubahan status dari SHIPPED/Dikirim ke COMPLETED/Selesai.
Pada status ini, data orderan Shopee di SmartSeller akan otomatis terupdate menjadi Paket diterima customer.

5. Perubahan status menjadi CANCELED/Pembatalan.
Pada status ini, data orderan Shopee di SmartSeller akan otomatis masuk ke menu Order > Canceled dan stok akan menyesuaikan. Proses cancel order bisa dilakukan pada kondisi berikut :

Data order dibatalkan

a. Cancel order dari Shopee bisa dilakukan ketika order dalam status:
- UNPAID : hanya bisa dilakukan oleh customer.
- READY_TO_SHIP : bisa dilakukan oleh seller atau bisa juga melalui pengajuan dari customer dan disetujui oleh seller.
- Cancel otomatis ketika order pada batas yang ditentukan Shopee, seperti order tidak dibayar atau order tidak dikirim.

b. Cancel order dari SmartSeller bisa dilakukan ketika order dalam status:
- Hanya saat order di Shopee dalam status READY_TO_SHIP