Dengan mengintegrasikan produk Shopee Shop dengan SmartSeller, Anda dapat mensinkronisasikan SKU, stok, dan harga produk tersebut, agar perubahan-perubahan tersebut dapat terpantau secara otomatis.Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara mensinkronisasikan produk Shopee dengan SmartSeller untuk beberapa kondisi:

  • Kondisi 1: Mengimpor produk pertama kali ke SmartSeller (apabila Anda belum memiliki produk di SmartSeller sama sekali)
  • Kondisi 2: Mensinkronisasi produk Shopee dengan SmartSeller (apabila Anda sudah memiliki minimal 1 produk di SmartSeller)

Berikut merupakan cara supaya Anda dapat mengimpor produk pertama kali ke Shopee (kondisi 1):

  1. Klik menu Integrasi > Shopee, lalu, klik tombol Impor [⇄]

2. Untuk melanjutkan proses, klik “Ya, impor”

3. Sistem akan mengimpor produk Anda dari akun Shopee tersebut. Sistem juga akan memberitahukan Anda bahwa proses impor telah berhasil dilakukan.

4. Setelah sistem berhasil mengimpor, Anda dapat melihat produk-produk Anda pada menu “Produk” lalu “Daftar Produk”

Berikut merupakan cara untuk mensinkronisasikan produk Shopee apabila Anda sudah memiliki minimal 1 produk di SmartSeller (kondisi 2):

  1. Klik menu Integrasi > Shopee, lalu, klik tombol Impor [⇄]
  2. Klik “Ya, Sinkronisasi”

3. Setelah sinkronisasi sukses (scan sudah berhasil), klik “Lanjutkan Proses”

4. Anda akan memasuki halaman “Sinkronisasi Produk Shopee”

5. Klik checkbox produk yang ingin Anda sinkronisasi

Catatan:

  • Pada kolom kedua "Produk di SmartSeller", Anda dapat melakukan mapping dari produk yang akan anda impor dari Shopee terdahap produk yang sama yang sudah terinput sebelumnya di sistem SmartSeller (jika ada).
  • Produk yang tidak ter-mapping akan otomatis diimporkan ke SmartSeller sebagai produk baru.
  • Anda dapat mengatur Harga Beli dan Harga Jual dari produk di halaman sinkronisasi ini juga.

6. Klik tombol “Lanjutkan”

7. Setelah sinkronisasi berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut. Anda dapat melakukan pengecekan lebih lanjut dengan meng-klik tombol "Cek Produk".

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Bagaimana mekanisme matching otomatis yang dilakukan oleh SmartSeller ketika melakukan sinkronisasi produk? Proses matching otomatis pertama kali dilakukan berdasarkan kesamaan SKU produk. Jika produk memiliki SKU yang sama, maka secara otomatis akan dipasangkan. Jika SKU produk tidak sama, maka produk akan dipasangkan dengan produk yang memiliki kesamaan nama.

2. Jika produk saya tidak memiliki SKU pada marketplace, apakah produk saya tetap bisa terintegrasi ke SmartSeller? Produk tetap bisa terintegrasi dengan SmartSeller. Sistem SmartSeller akan membuatkan SKU baru untuk produk yang tidak memiliki SKU. Nantinya, kamu dapat meng-edit SKU ini di halaman Produk.

3. Jika saya memiliki beberapa produk dengan SKU yang sama, apakah produk saya tetap bisa terintegrasi ke SmartSeller? Produk tetap bisa terintegrasi dengan SmartSeller. Sistem akan membuatkan SKU baru untuk produk dengan SKU yang sama.

4. Apakah saya bisa mengimpor lebih dari 1 foto untuk produk Shopee yang sama? Ya, Bisa.