Dalam pengelolaan toko yang terintegrasi dengan SmartSeller, pengguna perlu memberikan otorisasi atau pemberian akses kepada SmartSeller untuk membaca data produk, stok, dan transaksi. Namun, jika karena satu dan lain hal akun toko Shopee atau Bukalapak Anda habis masa otorisasi/expired, apa yang harus Anda lakukan?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan otorisasi ulang:

Otorisasi Ulang Akun Shopee

  1. Masuk ke menu marketplace di side panel sebelah kiri. Lalu, pilih menu Shopee


2. Lalu klik button more pada akun shopee Anda yang sudah expired. Kemudian pilih edit toko.

3. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan integrasi Shopee. Lalu, klik deauthorize.

4. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman Shopee API untuk menonaktifkan otorisasi toko. Lalu, klik cancel authorization. Pilih confirm untuk mengonfirmasi tindakan ini.

5. Toko Anda berhasil menonaktifkan otorisasi. Sekarang Anda harus melakukan otorisasi ulang akun Shopee Anda. Pada menu shopee, pilih tombol tambah toko, kemudian klik tombol authorize.


6. Login akun Shopee Anda dengan cara isi e-mail/nomor HP/username dan password Anda. Lalu, klik log in.

7. Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi, klik confirm authorization.

8. Akun Shopee Anda telah berhasil diotorisasi ulang ke SmartSeller. Anda bisa menggunakan integrasi akun Shopee Anda seperti biasa.


Otorisasi Ulang Akun Bukalapak

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan otorisasi ulang akun Bukalapak Anda yang sudah expired.

  1. Masuk ke menu marketplace di bagian side panel sebelah kiri. Lalu, plih menu Bukalapak.

2. Lalu klik icon delete pada akun Bukalapak Anda

3. Sekarang Anda harus melakukan otorisasi ulang akun Bukalapak Anda. Pada menu Bukalapak, pilih tombol tambah toko, dan klik tombol authorize.

4. Login akun Bukalapak Anda dengan cara isi e-mail dan password Anda atau isi nomor HP beserta nomor OTP. Ingat, kode OTP bersifat rahasia. Jangan memberitahukan kode OTP ke siapapun ya.

5. Terakhir, akun Bukalapak Anda akan berhasil diotorisasi ulang ke SmartSeller. Anda bisa menggunakan integrasi Bukalapak Anda seperti biasa.