Dalam pengelolaan Marketplace yang terintegrasi dengan SmartSeller, pengguna perlu memberikan otorisasi atau pemberian akses kepada SmartSeller untuk membaca data produk, stok, dan transaksi.

Namun, karena terdapat suatu kondisi di mana toko Shopee atau Bukalapak Anda habis masa otorisasi/expired. Informasi ini sebenarnya dapat Anda lihat di halaman Dashboard.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan otorisasi ulang:

Otorisasi Ulang Akun Shopee

  1. Masuk ke menu Marketplace di menu sebelah kiri. Lalu, pilih menu Shopee.


2. Anda dapat melihat akun Shopee anda di sini, Anda dapat mengabaikan status "Aktif" yang muncul di sini apabila anda telah melihat informasi kebutuhan otorisasi ulang di halaman Dashboard. Selanjutnya, klik tombol titik tiga (⋮) pada akun Shopee Anda lalu klik tombol "Deauthorize toko".

3. Setelah itu akan muncul pop up konfirmasi, klik tombol "Hapus Data" untuk melanjutkan. Tenang saja aksi ini tidak akan menghapus produk atau order yang sudah pernah tersinkronisasi dengan SmartSeller.

4. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman Shopee dan diminta untuk melakukan Log In untuk dapat melanjutkan aksi UnAuthorize / menonaktifkan otorisasi toko. Pilih region ID dan masukkan Email/Phone/Username dari akun Shopee Anda lalu klik "Log In".

5. Jika Log In berhasil, maka Anda akan melihat tampilan Shopee Open Platform untuk melakukan Cancel Authorization. Untuk melanjutkan klik tombol "Cancel Authorization". Klik tombol "Confirm" pada pop up konfirmasi.

6. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan sukses dan diarahkan kembali ke halaman Integrasi Shopee. Sekarang Anda harus melakukan otorisasi ulang akun Shopee Anda. Pada menu Shopee, pilih tombol Tambah Toko dan ikuti petunjuk yang ada. Selengkapnya dapat Anda lihat di halaman ini.

7. Akun Shopee Anda telah berhasil diotorisasi ulang ke SmartSeller. Sinkronisasi order dari akun Shopee Anda akan kembali normal. Anda juga sudah bisa menggunakan beragam fitur Integrasi Shopee seperti biasa.


Otorisasi Ulang Akun Bukalapak

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan otorisasi ulang akun Bukalapak Anda yang sudah expired.

  1. Masuk ke menu Marketplace di menu sebelah kiri. Lalu, pilih menu Bukalapak.

2. Anda dapat melihat akun Bukalapk anda di sini. Selanjutnya, klik tombol titik tiga (⋮) pada akun Bukalapak Anda lalu klik tombol "Deauthorize toko".

3. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan sukses dan diarahkan kembali ke halaman Integrasi Bukalapak. Sekarang Anda harus melakukan otorisasi ulang akun Bukalapak Anda. Pada menu Bukalapak, pilih tombol Tambah Toko dan ikuti petunjuk yang ada.

4. Login akun Bukalapak Anda dengan cara isi e-mail dan password Anda atau isi nomor HP beserta nomor OTP. Ingat, kode OTP bersifat rahasia. Jangan memberitahukan kode OTP ke siapapun ya.

5. Terakhir, akun Bukalapak Anda akan berhasil diotorisasi ulang ke SmartSeller. Anda bisa menggunakan integrasi Bukalapak Anda seperti biasa.