OrderPay dapat digunakan seller untuk menampung pembayaran dari customer Storefront yang menggunakan metode pembayaran OrderPay. OrderPay juga dapat digunakan seller sebagai metode pembayaran Paket Subscription.

Seller dapat melakukan topup dana OrderPay maupun penarikan dana OrderPay sesuai kebutuhan. Berikut informasi lebih detailnya:

Top Up Saldo

Anda dapat melakukan top up saldo OrderPay sesuai kebutuhan Anda. Saldo Orderpay dapat digunakan untuk pembayaran subscription di SmartSeller dan pengembalian biaya order ke Reseller.

Anda dapat melakukan Top Up saldo OrderPay dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Menu Wallet

2. Klik Tombol “Top Up”

3. Isi nominal dana yang ingin di Top Up dengan minimal penambahan saldo sebesar Rp10.000,- dan maksimal jumlah saldo sebesar Rp10.000.000,-. Lalu klik tombol Topup Saldo.

4. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman pembayaran top up Saldo. Silakan ikuti petunjuk pembayaran sesuai dengan cara yang Anda inginkan (melalui ATM, i-banking, m-banking, atau yang lainnya). Jangan lupa sesuaikan kode pembayaran atau nomor Virtual Account, serta nominal pembayaran dengan milik Anda.


5. Jika sudah melakukan pembayaran top up saldo, Anda akan menerima email notifikasi bahwa pembayaran top up saldo telah berhasil dan saldo Anda telah ditambahkan.



Penarikan Saldo


Anda dapat melakukan penarikan saldo atau yang biasa kita sebut sebagai Withdraw ke rekening bank pribadi Anda.

Simak informasi berikut untuk mengetahui langkah-langkahnya:

  1. Buka menu “Wallet”


2. Klik tombol “Tarik Dana”

3. Isi informasi rekening bank dan nominal penarikan

4. Jika isian valid, maka kamu akan diminta untuk mengisi Kode OTP yang sudah SmartSeller kirimkan ke nomor handphone kamu via WhatsApp.

Jika isian tidak valid maka kamu harus memperbaiki isian sesuai pesan error sebagai berikut:

4a. Jika nominal penarikan tidak sesuai ketentuan (melebihi saldo/kurang dari minimal/melebihi maksimal nominal penarikan)

4b. Jika nomor handphone tidak valid

5. Jika Kode OTP yang kamu masukkan sudah sesuai, maka kamu akan diarahkan ke halaman mutasi yang menginformasikan bahwa penarikan sedang diproses.

6. Jika penarikan sudah berhasil dan masuk ke rekening, maka kamu akan melihat informasi tersebut di tabel mutasi pada baris paling atas.

Tabel Transaksi

Tabel transaksi adalah tabel yang memuat transaksi dari Privor & Storefront yang menggunakan metode pembayaran Konfirmasi Otomatis. Tabel transaksi dibagi menjadi 2 yaitu tabel OrderPay dan Payment Gateway.

  • Tabel transaksi OrderPayMencatat semua transaksi masuk dan keluar Privor & Storefront yang menggunakan layanan Virtual Account dan Saldo Reseller.
  • Tabel Transaksi Payment GatewayMencatat semua transaksi masuk dan keluar Privor & Storefront yang menggunakan layanan Payment Gateway (Xendit).

Tabel transaksi bisa Anda filter berdasarkan Dana Masuk dan Dana Keluar, silakan klik tab pada tabel transaksi.





Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ):

  1. Mengapa nomor handphone saya dinyatakan tidak sesuai ketika ingin melakukan penarikan dana OrderPay?
    - Nomor handphone kamu bisa jadi tidak sesuai. Pada saat kamu mendaftarkan diri di SmartSeller sebelumnya, bisa jadi kamu memasukkan nomor handphone yang tidak sesuai ketentuan.
    Jika kamu mendaftar ke SmartSeller setelah bulan September 2022, maka kamu tidak perlu khawatir karena nomor handphone kamu sudah dipastikan sesuai ketentuan karena telah melewati tahap verifikasi OTP pada saat itu.
  2. Apa yang harus saya lakukan jika nomor handphone saya tidak sesuai?
    - Kamu dapat menghubungi Customer Service (CS) melalui Live Chat atau WhatsApp di +6282117005050 atau email di cs@smartseller.co.id
  3. Berapa lama Kode OTP akan saya terima?
    - Pada kondisi normal kamu akan mendapatkan Kode OTP dalam satu hingga lima detik setelah kamu mengisi informasi rekening, nominal, dan klik tombol “Tarik Dana”.
    Jika belum mendapatkan Kode OTP, maka kamu bisa klik “Kirim ulang Kode OTP”.
  4. Apakah ada perubahan aturan penarikan dana OrderPay terkait penerapan verifikasi OTP ini?
    - Tidak ada, batas minimum dan maksimum penarikan serta biaya admin tidak ada perubahan.
  5. Mengapa saya tidak dapat melihat menu Wallet?
    - Menu Wallet hanya tersedia untuk user/pengguna dengan role/peran Owner, pastikan kamu login menggunakan user dengan role owner.