Mulai tanggal 5 April 2023, kamu wajib melakukan pembayaran menggunakan orderpay sebelum mengirim paket Non COD. Jadi pastikan saldo orderpay kamu cukup sebelum memroses pengiriman paket ya.

Kirim orderan Non COD kamu sekarang dan dapetin diskon sampai 35%! Simak detail promonya disini https://blog.smartseller.co.id/promo-kirim-barang/

  1. Pilih order ID yang ingin kamu lakukan request pick up

2. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman review orderan. Mohon pastikan order yang tertera sudah sesuai ya dan setelah itu kamu bisa klik tombol “Proses oderan” untuk melanjutkan proses pengiriman.

3. Setelah itu kamu akan diminta untuk membayar pengiriman paket Non COD. Saat ini pembayaran hanya bisa dilakukan menggunakan OrderPay, jadi mohon pastikan saldo OrderPay kamu mencukupi ya atau kamu juga bisa top up OrderPay kamu dulu.

4. Selesai! Kamu akan menerima konfirmasi berapa banyak paket yang berhasil diproses pengirimannya dan berapa banyak yang gagal.

Untuk order yang berhasil, kamu bisa langsung cetak resi pengiriman untuk ditempelkan pada paket yang akan di pick up oleh kurir.

Untuk order yang gagal, silakan langsung klik “Cek order gagal” untuk mengetahui order mana saja yang perlu kamu perbaiki agar bisa segera dikirim ulang.


5. Untuk top-up saldo OrderPay, maka kamu bisa masuk ke menu wallet, lalu klik Top Up Dana. Silakan isi dana yang ingin kamu top-up ke OrderPay

Frequently Asked Question / FAQ

  1. Apa metode pembayaran yang dapat dipilih untuk membayar pengiriman Non COD?
  • Metode pembayaran untuk saat ini hanya menggunakan OrderPay. Kamu harus melakukan Top up Dana terlebih dahulu sebelum mengirim paket Non COD dan pastikan saldo kamu cukup.

2.  Apa yang terjadi apabila ada order yang gagal sebelum dikirim?

  • Order yang dikirim menggunakan fitur pengiriman SmartSeller memiliki potensi untuk gagal dikirim. Hal ini disebabkan karena adanya kekeliruan data / informasi yang diisi oleh user, misalnya alamat pengiriman paket yang tidak lengkap, kode pos yang salah, dan lainnya. Tenang saja, penyebab kegagalan pengiriman ini kami cantumkan dalam 1 halaman khusus, sehingga kamu bisa memperbaikinya dan mengirim ulang order tersebut. Untuk paket yang gagal, sistem akan mengembalikan dana user ke saldo Orderpay dengan keterangan refund. Order ID tersebut akan kembali ke menu ‘Siap Kirim’

3.  Apakah saya bisa membatalkan order yang sudah diproses?

  • Pembatalan order yang sudah terlanjur diproses dapat dilakukan asalkan order masih berstatus ‘PICKREQ’. Pembatalan dapat dilakukan dengan cara klik more button pada halaman ‘Dikirim’, kemudian pilih ‘Cancel pickreq’. Proses ini dapat dilakukan untuk semua jenis kurir, kecuali JNE. Pembatalan untuk JNE harus dilakukan dengan bantuan tim Customer Support SmartSeller, jadi kamu harus mengajukan pembatalan melalui live support kami. Setelah pembatalan berhasil, saldo kamu akan dikembalikan ke OrderPay dengan keterangan refund. Order ID tersebut akan kembali ke menu ‘Siap Kirim’

4. Apakah saya bisa melihat tagihan / invoice untuk order yang telah berhasil dikirim?

  • Tagihan / Invoice dapat dilihat apabila user memproses paling tidak 1 order Non COD. Kamu dapat mengaksesnya melalui menu Pengiriman → Tagihan. Di halaman ini kamu akan melihat no invoice beserta status dari masing-masing invoice

5.  Apakah saya harus membayar biaya kirim untuk order COD?

  • Untuk order COD, kamu bisa mengirimkannya tanpa perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu di awal. Setelah paket sampai di pelanggan, kamu akan melakukan proses pencarian dana kepada user melalui transfer bank